Google
 

Saturday, April 28, 2007

Hobby Yang Menghasilkan Uang

Bayangkan jika Anda menjalani hobby, eh malah diapresiasi dalam bentuk uang! Semangat sudah pasti berlipat! Fokus kerja sudah pasti tercipta. Inovasi-inovasi dengan mudah ditemukan. Problem-problem yang muncul relatif bisa dicarikan jalan keluar! Namanya juga hobby!

Nah, buat Anda yang hobby menulis blog / ngeblog, tahukah Anda bahwa kini hobby Anda itu sudah bisa menghasilkan uang? Berapa besarnya? Semua tergantung usaha Anda … puluhan ribu, ratusan ribu atau jutaan rupiah!

Google, sebagai search engine nomor satu di jagad maya, melihat ini sebagai trend yang perlu dimaksimalkan. Internet Marketing adalah sesuatu hal yang nggak bisa dieelakkan. Makanya Google dengan amat tanggap langsung membuka layanan baru yang kita kenal dengan Google Adsense. Apa itu Google Adsense ??

Yang namanya iklan di dunia maya adalah kemutlakan. Fenomena ini adalah sebuah kewajaran, ketika banyak orang menggunakan internet untuk memenuhi kebutuhan hidupnya : mulai dari sekedar pemenuhan sex hingga konsultasi kesehatan. Wajar jika kemudian Google melirik pasar Iklan di internet sebagai sebuah kekuatan masa depan.

Google membagi jasa pengiklanannya - secara umum - dalam dua bentuk :
Pertama, Jika Anda sebagai seorang pemasang iklan, Anda bisa mengikuti program Adwords. Anda membayar sejumlah biaya sehingga iklan Anda bisa didisplay di banyak halaman web di dunia maya ini. Di halaman apa saja iklan kita akan ditampilkan jika kita memutuskan menggunakan layanan Google Adwords? Nah untuk ini, kita sudah mulai memasuki layanan iklan Google yang kedua, yaitu Google Adsense.

Google Adsense adalah layanan bagi-bagi uang untuk Anda pemilik website yang mau merelakan beberapa bagian web Anda untuk dipasangkan iklan dari para pengikut program Google Adwords. Anda menyediakan tempat iklan, Google memberi uang kepada Anda .. wajar khan?? Halal lagi!

Sinergi antara kedua program itu, Adwords dan Adsense adalah demikian. Saya misalnya pengguna jasa Adwords. Saya mau mengiklankan sabun produksi saya. Sabun kecantikan. Dan kebetulan Anda memiliki website / blog yang isinya tematis tentang kecantikan, yang kebetulan Anda daftarkan dalam layanan Google Adsense. Nah, klop bukan! Iklan saya - dengan dijembatani oleh Google - akan diiklankan kepada banyak orang lewat web/blog Anda! Saya bayar, Anda dapat uang! :)

Karena judul tulisan ini adalah mengenai menghasilkan uang, maka saya akan fokus pada layanan Google Adsense.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda persiapkan :

Google Adsense : Mesti dalam Bahasa Inggris
Untuk mengikuti layanan Google Adsense sama sekali tidak rumit. Memang, kriteria pertama yang harus dipenuhi web / blog Anda adalah masalah bahasa yang digunakan di web / bog tersebut. Google Adsense sejauh ini belum menerima web berbahasa Indonesia. Yang paling umum tentu saja bahasa inggris. Susah ya? Bukan masalah saya kalau kamu nggak bisa menulis dalam bahasa inggris. Belajar deh sana! Saya saja juga lagi belajar ...

Sebaiknya memiliki account di Gmail
Untuk mengikuti program Google Adsense, Anda dianjurkan memiliki akun di Gmail. Layanan email Google yang dikenal dengan Gmail memang sifatnya agak tertutup. Anda nggak bisa sembarangan sign up untuk memiliki email di Gmail. Anda harus ada yang ngajak, harus ada yang invite, harus ada seseorang yang sudah memiliki akun di Gmail yang merekomendasikan Anda layak juga menjadi pemilik email Gmail.

Mendaftar Google Adsense
Setelah memiliki akun di Gmail, Anda bisa langsung mengisi aplikasi di : http://www.google.com/adsense/login3. Anda akan disuruh mengisi form mulai dari nama hingga kode pos tempat tinggal. Semuanya harus merupakan data yang benar karena Anda akan di”gaji” oleh Google dalam rupa chek. Akan terkirim chek ke alamat Anda (di pelosok Irian sekalipun) dari kantornya Google di Amrik (eh benar gak kantornya di Amrik??)

Setelah selesai mengisi form, Google akan mengecek Web / Blog Anda. Benar nggak pakai bahasa inggris? Web / Blog pornokah? Berisi pertentangan SARA apa nggak dst .. dst (Semuanya termuat dalam Term of Servicenya Google Adsense). Tunggu beberapa hari … Saya doakan semoga di approve :)

Setelah di Approve
Login lagi ke Akun Adsense anda. Lalu masuk menu Adsense Setup. Ikuti langkah-langkah di situ. Hingga Anda akan mendapat kode HTML yang harus dipasang di Web / Blog Anda yang dulu didaftarkan layanan ini. Dan .. dalam hitungan menit, Iklan Adwords akan tertampil di Web / Blog Anda ….

Jika Anda telah siap menjadi kaya, silahkan mencoba ke situs ini :

http://www.google.com/adsense/login3